Sablon kaos sekarang ini memang sedang menjadi salah satu trend terkini karena motifnya yang unik dan terlihat memiliki ciri khas tersendiri. Oleh karena itu banyak orang yang berminat untuk memesan kaos sablon atau memiliki kaos polos dan ingin disablon agar bisa memberikan kesan menarik dan juga unik. Sekarang ini juga banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang penyablonan kaos, sehingga anda bisa memesan atau menggunakan jasanya untuk sablon kaos tersebut, harga yang ditawarkan untuk sablon kaos sendiri juga relative murah dan juga terangkau sehingga semua kalangan nantinya bisa menggunakan jasa sablon kaos tersebut untuk memiliki kaos dengan motif sablon yang unik. Namun jika anda memiliki lebih banyak waktu luang dan ingin belajar untuk sablon kaos, anda juga bisa menyablon kaos anda sendiri dengan demikian jika di dalam belajar sablon kaos tersebut anda bisa berhasil dan juga sukses serta memiliki kualitas yang bagus, maka anda bisa juga membuka bisnis sablon kaos sendiri dengan demikian anda akan memiliki keuntungan dan juga pemasukan karena bisnis sablon kaos memang cukup menjanjikan. Untuk belajar sablon sendiri bisa dikatakan tidak terlalu sulit dan bisa dipelajari, sebagai pemula, anda bisa dengan menggunakan teknik sablon manual terlebih dahulu karena memang teknik sablon sendiri bermacam – macam dan bisa dipelajari secara bertahap.

Karena sekarang ini zaman sudah semakin maju dan juga berkembang, maka teknologi sekarangpun semakin canggih, oleh sebab itu untuk belajar membuat sablon manual dengan menggunakan print adalah:

1.   Menyetting design dari motif sablon terlebih dahulu, untuk membuat desainnya sendiri anda bisa menggunakan program photoshop atau correl draw yang ada pada computer, kemudian edit dengan format klise film namun sebelumnya juga harus diproses dengan metode pecah warna dan juga pisah warna.

2.   Siapkan beberapa bahan seperti sabun colek, air dan juga spone, setelah itu screen harus dicuci sampai bersih terlebih dahulu kemudian setelah bersih dijemur sampai kering di bawah sinar matahari.

3.   Campur obat afdruk dan ratakan sampai benar – benar tipis kemudian screen tersebut dikeringkan menggunakan kipas angina tau hairdryer dan usahakan agar tidak terkena sinar matahari karena prosos pengeringannya di ruangan tertutup.

4.   Taruh busa di atas papan kemudian taruh kain hitam kemudian taruh screen di atasnya lalu tempelkan gambar desain sablon tersebut di atas screen tetapi sebelumnya olesi terlebih dahulu dengan minyak goreng agar nantinya bisa tembus sinar kemudian kaca ditaruh di atas screen lalu jemur kaca di bawah sinar matahari dalam waktu sekitar 4 detik, mencuci alat screen tersebut dengan alat penyemprot.

5.   Campurkan minyak cat dan juga cat kemudian kunci screen dengan meja papan lalu tuangkan campuran cat tersebut dan kesut hingga merata serta tipis dan sablonan pada kaospun sudah jadi. Setelah itu basahi dengan air dan juga campurkan obat pencuci film setelah itu gosok dengan sponge dan bilas dan yang terakhir adalah jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Jadi belajar untuk membuat kaos sablon manual sendiri memang tidak terlalu sulit jika mengikuti beberapa tutorial petunjuk tersebut. selain itu di dalam belajar menyablon tentu saja yang perlu diperhatikan adalah ketelitian dan juga kesabaran, jadi dengan memperhatikan beberapa hal tersebut hasil dari sablon kaos tersebut akan lebih maksimal.